Stres Pada Para Mahasiswa

oleh : agoestina

Pada akhir-akhir ini gangguan stres banyak dibicarakan, sehingga seakan-akan merupakan bencana baru yang menimpa manusia modern. Sebetulnya stres sudah ada semenjak manusia ada. Kenyataan yang lain ialah bahwa pada dewasa ini kehidupan manusia makin kompleks, sehingga penyebab stres juga makin banyak. Kehidupan manusia pada masa silam sangat sederhana, tenang dan santai, sehingga stres jarang terjadi.

Mahasiswa merupakan salah satu unsur modernisasi , tentu juga terkena efek dari modernisasi tersebut. Maka mahasiswa juga tidak terlepas dari kekomplekan dari modernisasi tersebut, sehingga mahasiswa juga tidak akan terlepas dari macam-macam penyebab stres yang ada dewasa ini.

Stres adalah kondisi tegang pada emosi, pikir dan fisik. Adanya stres  yang berlebihan pada seseorang dapat mempengaruhi kemampuan orang untuk menghadapi lingkungan. Misalnya saja seperti stres yang banyak dialami oleh mahasiswa terutama dalam hal pelajaran yang di dapatnya dari kampus. Seperti yang kita ketahui masalah pelajaran merupakan masalah yang utama dalam diri mahasiswa karena terkadang mahasiswa tersebut tidak bisa dalam belajar, kesulitan memusatkan perhatian pada pelajarannya, kesulitan dalam mencapai prestasi, kesukaran dalam bersaing, dan tidak mampu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswanya merupakan penyebab stres yang timbul pada diri mahasiswa tersebut. Terkadang dengan tugas-tugas yang diberikan oleh dosennya membuat mahasiswa itu merasa terbebani karena bukan hanya satu atau dua yang diberikan tugasnya melainkan beberapa mata kuliah lain pun diberikan tugas sehingga mahasiswa berfikir bagaimana ia harus mengerjakan tugasnya itu semua tanpa harus mengganggu kegiatan lainnya seperti waktu istirahat dan bermain. Stres pun muncul pada diri mahasiswa. Namun dosen memberikan tugas juga merupakan hal yang positif agar mahasiswanya mau mengulang pelajaran yang telah diberikan oleh dosennya agar mahasiswa tersebut bisa sukses di kemudian harinya.

Oleh karena itu mahasiswa pun terkadang bisa prustasi akibat banyak hal yang terlalu dipikirkan selain masalahnya di kampus dan masalahnya dengan lingkungannya seperti keadaan yang ada di rumahnya yang bisa menimbulkan stres. Selain itu hal lain yang bisa memicu timbulnya stress adalah masalah pergaulan. Karena jika manusia dengan manusia lain tidak bisa beradaptasi dan bergaul maka orang tersebut akan mendapatkan kesulitan dalam pengembangan dirinya, begitu pula terhadap pergaulan mahasiswa sekarang yang mengalami kesulitan akibat takut timbulnya konflik di dalam pertemanan antara ingin bergaul atau tidak ingin bergaul. Dan hal ini sangat mudah memicu timbulnya stres di kalangan mahasiswa ataupun remaja dewasa lainnya karena mereka berfikir mengapa mereka tidak bisa bergaul seperti orang lain? Padahal mereka orang terpelajar yang selalu mendapatkan didikan oleh para pengajar mereka di kampusnya. Stres juga bisa terjadi akibat gejolak yang ada dalam diri pribadinya sendiri karena kegagalannya dalam mencapai apa yang ingin dicapainya dan ini juga sering dialami oleh mahasiswa dan orang dewasa lainnya. Itulah beberapa penyebab timbulnya stres dalam kehidupn mahasiswa dalam dewasa ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: